Arti Kata CUNGKUP

Arti Kata CUNGKUP. Sebenarnya artikel ini sangat telat diterbitkan. karena ini berhubungan langsung dengan blog ini. idealnya artikel ini diterbitkan ketika awal mula launching blog wongcungkup, tetapi tidak apa – apa deh lebih baik telat daripada telat banget. hehehe…

Beberapa kali ada teman yang menanyakan kenapa nama blog ini aneh yaitu wong cungkup. karena bila mendengar nama cungkup tentunya anda langsung teringat dengan kuburan. itu sih sah – sah saja karena secara harfiah definisi cungkup adalah rumahnya batu nisan atau bangunan beratap diatas kuburan sebagai pelindung dari panas maupun hujan.

Arti Kata CUNGKUP

Nah bila itu penjelasan dari Arti Kata CUNGKUP, lalu apa wongcungkup itu maksudnya wong kuburan atau kuburannya wong? tentu bukan. karena nama wongcungkup mengandung pengertian sebagai berikut:

  • wong artinya manusia atau orang
  • cungkup artinya nama sebuah dusun atau desa.

Jadi wongcungkup artinya orang yang berasal dari dusun cungkup yang menggambarkan asal dari penulis. nama itu sebagai bentuk kecintaan admin blog ini kepada desa kelahirannya. kalau bukan kita sendiri siapa lagi yang mencintai desa kita coba? hehehe…

baca juga : cerita perjalanan wongcungkup

Cungkup sendiri merupakan sebuah desa terpencil yang berada di perbatasan kabupaten blitar dan kabupaten malang jawa timur, tepatnya dekat dengan waduk karangkates yang merupakan waduk yang menjadi pusat tenaga listrik dijawa timur, madura dan bali.

Jarak dari cungkup kekota Malang kurang lebih 40 KM dan kekota Blitar kurang lebih 50 KM. Menurut sejarah yang diceritakan secara turun menurun dikampung kami, Nama cungkup diberikan oleh seorang Kiyai yang bernama tunggul wulung. beliau adalah orang yang pertama babad alas disini. nah menurut cerita ketika membuka alas itulah ternyata ditempat ini sudah ada sebuah cungkup. maka jadilah desa ini diberi nama cungkup.

Sampai saat ini tempat ditemukannya cungkup dijadikan tempat peristirahatan kiyai tunggul wulung beserta anaknya yang bernama den bagus kliwon. lalu disekitar pemakaman beliau dijadikan makam umum. sekitar dua tahun yang lalu cungkup dari kiyai dipugar dan dirubah mirip seperti sebuah pendopo pertemuan dengan 2 kamar tempat makam. pembangunan ulang dilakukan secara gotong royong oleh setiap RT di desa cungkup secara bergiliran.

Demikian artikel dari wongcungkup tentang Arti Kata CUNGKUP, semoga artikel ini bermanfaat.

salam,


About Yanto Cungkup 551 Articles
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.

202 Komentar

  1. Alhamdulillah, akhirnya saya tau juga arti Kata dari blognya Kang Yanto, kalo saya mengira arti cungkup itu Cubluk kang xixixii, karena Kang Yanto sering pake Cubluk seperti topi, ternyata nama tempat tinggalnya Kang Yanto. Kalo saya dari Kampung juga kang, Kampungsawah xixixii, punya Blog juga Budak Kampungsawah hahahahayyy (bukan promosi takut di suruh bayar) :ckakaka:

  2. waduuuuuhh,, ternyata itu yah artinya, kan jadi jelas asal-muasalnya..
    berarti mas ini suka yang mistis-mistis juga..

  3. Sesuai dengan praduga sebelumnya, ternyata benar Cungkup itu merupakan daerah asal penulis. Malah arti harfiahnya yang baru tahu sekarang nih hehe…

  4. Sudah lama berkunjung kesini baru tau apa itu artinya cungkup hehehe . Ternyata mas yan cinta sama daerahnya :heart:

  5. nah seperti yang di bilang temen2. saya juga sempat bilang kok nama ini aneh dan unik ya?

    saya mengartikan sendiri bahwa wong artinya orang dan cungkup artinya cukup dan saya mengartikan lagi bahwa wongcungkup itu artinya orang berkecukupan.

    cukup beli rumah mewah. cuku punya mobil DC hehe, cukup punya istri :ckakaka:

  6. wah ternyata nama desanya di berikan oleh kiyai juga yamas, dan blog ini pun alhamdulillah menghasilkan earning yang gede berkat nama tersebut dan tentu juga atas kerja keras mas,,,,

  7. wong karena saya org jawa tau artinya orang, yg jadi penasaran cungkup ternyata nama desa sekarng jadi tau deh asal usunya.

  8. iya mas kirain orang kuburan.. saya sempat miris lho pertama disapa mas yan, ternyata orangnya baik yah.. dan sekarang makin tau daerah asal blog ini..

  9. Oalaaaah…. Cungkup itu nama sebuah desa toh mas, kalo wong artinya saya tau mas… dan mas yanto gak tau kan kalo nama panggilan sewaktu kecil saya dipanggil wong atau awong, kalo dikampungan saya nama marnes malah gak pada tau, taunya ya awong…

  10. Saya mah malah dah ngira kalo ‘cungkup’ itu nama daerah,,, saya malah gk tau kalo kata ‘cungkup’ berkaitan dg kuburan,,

  11. arti kata wongcungkup jadi orang desa ya, baru tau setelah sekian lama berkunjung kesini hehe :yahoo:

  12. owalah orang jawa juga ya mas..
    wongcungkup itu maksudnya wong kuburan. berarti kowe iki wong kuburan yo mas.? :scratch: berarti omahmu iki yo neng kuburan mas..?? :ckakaka: :piss:

  13. saya kira wong cukup mas, ternyata itu wong cungkup, dan bisa di artikan orang dari desa cungkup gitu ya mas

  14. ternyata nama cungkup ada sejarahnya juga ya mas…saya kira cuma gelar, rupanya nama daerah. berarti wongcungkup orang dari desa cungkup ya….

  15. Arti nama yang unik, simpel dan informatif karena sekaligus menginformasikan tempat asal admin blog yang cuakep ini. :good:

  16. Sekedar meluruskan.
    .den bagus kliwon bukanlah anak dr tunggul wulung, bahkan tunggul wulung yg menyaktikan dia adlah den bagus kliwon. Sya dengar sendiri saat den bagus kliwon merasuki seseorang dan den bagus memanggil tunggul wulung untuk membantunya.
    .

  17. Ya mungkin beda pendpat, tp yg jelas saya denger sndri dr den bagus kliwon.
    Cobak smpean tanya lagi sesepuh tsb.
    Bahkan kakek saya juga mengenal dan bisa memanggil ke 2 tokoh ygsampean bicarakan

    • ini cerita turun temurun dikampung kami mas,kalaupun ditelusuri tidak akan ditemukan bukti yg kuat yg ada malah sirik.

      yg jelas memang begitu cerita tentang sejarah awal nama cungkup yg admin ketahui.

      titik berat pada artikel ini adalah memberitahukan tentang nama blog ini

    • nah itulah mas.
      kalau ngejar pertanyaan darimana asal cerita ini jawabannya dari simbah gitu mas.
      padahal simbah udah meninggal,jadi nggak ada titik terangnya.

      yg jelas memang sampai saat ini ada beberapa hukum tak tertulis yg masih berlaku dicungkup,misal setiap ada macan keluar(macan jadi2an yg konon hewan peliharaan kiyai tunggul wulung) yg keluar diwaktu2 tertentu pasti didaerah kami akan ada peristiwa besar.memang aneh.wallohualam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.