5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

By | 21 Mei

Apakah si kecil mulai lupa makan karena terus “menempel” pada gadgetnya? Atau bahkan ia mulai tantrum (menangis histeris hingga sulit ditenangkan) jika gadgetnya diambil paksa oleh mama dan papa?

Hati-hati, bisa jadi itu ciri kalau kecanduan gadget pada anak mama dan papa sudah di tingkat mengkhawatirkan. Jika tidak diatasi, kecanduan gadget dapat memberikan dampak negatif dalam jangka panjang lho, ma.

Sebelum terlambat, yuk, akali kecanduan gadget pada anak mama papa dengan 5 cara di bawah ini, semoga berhasil ya!

kecanduan gadget pada anak

Berikut ini langkah mengatasi kecanduan gadget pada anak, diantaranya :

1. Berikan jadwal yang tepat

Mama dan papa bisa berikan jadwal kapan si kecil bisa memegang gadgetnya dan kapan harus berhenti. Selain berlatih disiplin, hal ini juga akan membuat si kecil terlepas dari kecanduan gadget pada anak usia dini.

Mama papa bisa berikan pembatasan penggunaan gadget hanya 2 jam di luar waktu belajar. Berikan pengertian padanya kalau hal tersebut semata agar mata si kecil tidak rusak dan ia tidak terkena dampak dari kecanduan gadget.

Yang paling penting, sikap tegas mama dan papa diperlukan di sini. Jadi jangan ragu untuk melatih si kecil mengembalikan gadget sesuai jadwal yang di sepakati ya. Jangan lupa untuk menyembunyikan gadget di tempat yang tidak terlihat atau sulit dijangkau oleh si kecil jika jadwalnya sudah selesai.

2. Siapkan area bebas gadget

Jika sudah memberikan jadwal, mama dan papa juga perlu memberikan contoh agar si kecil terlepas dari kecanduan gadget pada anak. Menentukan sebuah ruangan di rumah (seperti ruang tamu, meja makan, atau ruang TV) sebagai area bebas gadget bisa menjadi cara alternatif dan menyenangkan di mana semua anggota Keluarga Kiddo tidak ada yang boleh memegang gadget ketika berada di ruangan tersebut. Pastikan mama papa juga menaati aturan ini ya.

 3. Buat aktivitas menyenangkan bersama anak

kecanduan gadget pada anak-anak

Agar si kecil tidak jenuh, mama papa bisa membuat aktivitas bersama yang dapat mengalihkan perhatiannya dari gadget. Memasak bersama, menggambar, bermain pasir sintetis, berkebun, dan bersepeda dapat menjadi alternatif kegiatan hingga anak lupa pada gadgetnya.

Jangan merasa lelah atau bosan dengan cara yang satu ini ya, karena selain dapat menghindari si kecil dari kecanduan gadget pada anak, beraktivitas bersama juga dapat memberikan pengalaman berharga yang terus menempel pada memori anak mama dan papa hingga dewasa kelak.

4. Ajak anak bermain dengan teman sebaya

Salah satu penyebab anak kecanduan gadget mungkin karena tidak ada teman bermain bersama. Karena pada dasarnya, semua anak akan saling terhubung jika sudah bertemu sehingga mudah untuk bermain bersama. Jadi, mama papa bisa mengatasi kecanduan gadget pada anak dengan mengajaknya keluar rumah dan bertemu dengan teman sebaya.

Selain mengurangi kecanduan gadget pada anak, bermain dengan teman sebaya juga dapat melatih si kecil untuk bersosialisasi hingga membentuk sikap dan karakternya lho. Tapi sebelumnya, pastikan jika lingkungan sekitarnya tidak memberikan pengaruh buruk pada anak ya.

5. Gunakan system reward untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak

kecanduan gadget pada anak

Cara terakhir ini mungkin seperti mata pisau yang bisa berdampak baik atau buruk. Dampak baiknya, mama dan papa bisa menjadikan cara ini selayaknya game menyenangkan di mana jika si kecil bisa melewati satu hari tanpa menyentuh gadget, maka ia akan mendapat reward berupa makanan atau mainan kesukaan.

Tapi jika terlalu sering melakukannya, tidak menutup kemungkinan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang pamrih karena terbiasa mendapatkan yang diinginkan setelah melakukan sesuatu. Jadi, pandai-pandai dalam berstrategi ya buat mama dan papa.

Nah, itu tadi 5 cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak. Mama dan papa bisa menerapkannya sebelum si kecil “kepalang basah” sulit terlepas dari gadgetnya. Tapi yang perlu diingat, hindari teriakan atau amarah yang berlebihan kalau si kecil mulai mengeyel ya, dikhawatirkan bukannya memahami maksud mama papa, si kecil justru mengalami trauma yang dapat berpengaruh buruk pada masa kembangnya.

Biasanya pada tahap awal memang akan sulit untuk mengarahkan anak agar setuju dengan cara-cara yang dilakukan. Diperlukan kesabaran ekstra untuk berkompromi dan kerjasama seluruh anggota keluarga agar mama papa berhasil dalam menjalankan misi ini.

Sebagai alternatif kegiatan untuk mengalihkan kecanduan gadget pada anak, silahkan kunjungi Kiddo.id untuk menemukan berbagai pilihan aktivitas berkualitas yang bisa isi waktu si kecil di rumah.

Kiddo.id memiliki kumpulan kursus dan ide D.I.Y yang dapat menjadi inspirasi mama dan papa untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak. Dengan pilihan aktivitas yang ada di platform Kiddo.id si kecil dapat mengembangkan skill baru yang bermanfaat untuknya di masa depan.

Kiddo.id merupakan platform edtech kekinian yang dapat digunakan oleh keluarga kiddo untuk lebih bisa memaksimalkan lagi potensi atau kemampuan baik softskill maupun hardskill si kecil melalui berbagai aktivitas dan kursus pilihan. Selain itu, terdapat ribuan konten edukasi yang siap membantu Keluarga Kiddo dalam mengawasi tumbuh kembang anak.

Kiddo.id kini telah tersedia fitur baru yaitu Milestone Tracker yang bisa dimanfaatkan untuk tahu apa potensi terbaik anak mama papa dan memantau perkembangannya. Dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di Kiddo.id ini, Mama dan Papa bisa mengetahui kemampuan apa yang dimiliki oleh si kecil agar bisa dikelola dan diasah lebih optimal. Unduh aplikasi Kiddo.id di play store dengan gratis atau kunjungi laman Kiddo.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Referensi:

  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3635389/cara-tepat-untuk-mengatasi-anak-tantrum
  • https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/ninda/cara-mengatasi-kecanduan-gadget-pada-anak/7
  • https://www.alodokter.com/ini-cara-mengatasi-anak-yang-kecanduan-gadget
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengatasi-kecanduan-gadget/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.