Trik Aman Memakai Komputer Publik

1045 Views

Trik Aman Memakai Komputer Publikjika anda memiliki akun biasa atau nggak penting yang cuman buat main- main sih nggak ada masalah, tetapi bila sobat punya akun data penting, lalu mengakses komputer milik umum seperti warnet dan kantor sangat-sangat beresiko bagi keamanan akun. contohnya akun data kita terlacak, dicuri, atau bahkan masuk perangkap hacker sehingga  mengakibatkan kerugian yang sangat besar.

Oleh karena itu bila sobat adalah seorang yang sering menggunakan komputer umum, sudah benar bila sobat membaca dan mengikuti trik cara aman waktu menggunakan komputer umum (publik) di bawah ini, untuk membantu menjaga kerahasiaan pekerjaan, info pribadi, atau informasi keuangan Anda, termasuk mengamankan data- data di flashdisk, ponsel, dan sebagainya yang terhubung dengan komputer tersebut.

Trik Aman Memakai Komputer Publik

Adapun beberapa Trik Aman Memakai Komputer Publik adalah sebagai berikut :

  1. Jangan pernah menyimpan informasi login (sign in). Perlu anda perhatikan, setiap kali sobat memasukkan username dan password pada situs di internet, umumnya selalu terdapat kotak centang atau notifikasi Remember Password. Jangan lupa menonaktifkan opsi fitur login otomatis ini sehingga tidak ada yang dapat login menggunakan akun Anda.
  2. selalu logout atau sign out atau keluar. ingat!!! selalu logout, keluar atau sign out dari situs web dengan mengklik “logout”, “keluar”atau”sign out” saat meninggalkan situs tersebut. Anda tidak boleh sekedar menutup jendela browser atau langsung mengetik alamat lain jika hendak meninggalkan situs-situs seperti : email, ebanking, learning, facebook, dan lain sebagainya. apabila terlanjur menutup browser Anda, lebih baik meluangkan waktu sejenak untuk membuka kembali browser Anda dan mengunjungi situs yang Anda buka tadi untuk me log out terlebih dahulu akun Anda untuk mencegah automatic login yang mana dapat dimanfaatkan oleh pengguna komputer berikutnya.
  3. Hapus jejak. anda dapat membantu melindungi informasi pribadi dengan cara menghapus berkas Internet seperti : history (riwayat) dan cookies. Dengan demikian, situs-situs yang sobat kunjungi tidak terlacak oleh pengguna komputer berikutnya. Apa pun browser sobat, cara ini dapat sobat lakukan melalui fasilitas “Internet Options” (ALT+X).
  4. Amankan data dari dari virus. Salah satu masalah utama dari menggunakan komputer umum adalah virus. Virus komputer sangat mudah menginfeksi melalui flashdisk, ponsel, dan sebagainya yang terhubung dengan komputer tersebut. Oleh karena itu pastikan sobat melakukan scanning untuk mencegah penyebaran virus.untuk lebih jelasnya sobat dapat membaca cara Mencegah Virus Dari Flashdisk masuk Komputer pada winxp dan win7.
  5. Waspadalah terhadap pencuri data. Langkah-langkah di atas bisa saja memberikan perlindungan (menghindari) terhadap perilaku hacker yang menggunakan komputer publik setelah Anda. Namun perlu diingat bahwa penyadap (pencuri data) bisa saja telah meng-install perangkat lunak yang canggih di komputer publik untuk mencatat setiap aktifitas sobat (biasanya menggunakan program seperti keylogger, yang pernah dibahas pada artikel aplikasi untuk mengetahui pasword facebook dan email orang lain). anda dapat menghindari penyadapan keylogger dengan cara menggunakan virtual keyboard. caranya melalui Start Menu, lalu ketikkan On Screen Keyboard, kemudian tekan Enter pada hasil pencarian yang muncul.

Demikian artikel tentang beberapa Trik Aman Memakai Komputer Publik dari wongcungkup, semoga bermanfaat.

salam,

BURSA MEMBER

Kategori:internetTag

Written by: Yanto Cungkup

Title: Trik Aman Memakai Komputer Publik
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.
449 Artikel
2 Comments
  1. komentar
    • komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *