Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit

4616 Views

Kitab Pararaton Kitab Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahitberbicara mengenai sejarah kerajaan di indonesia terutama ditanah jawa, kita tidak akan bisa melupakan singasari maupun majapahit. walaupun banyak kerajaan lain seperti kerajaan dhaha (kediri), mataram (jogja), pajajaran, dan lain – lain, tapi harus diakui bahwa cuman singosari yang mampu meluaskan wilayahnya sampai keluar pulau yang diteruskan oleh majapahit.

Setelah sebelumnya wongcungkup telah membagikan nama-nama tokoh wayang maka  kali ini akan mencoba menyuguhkan kitab paradatu yaitu kitab yang mengulas tentang sejarah kerajaan singasari dan majapahit, agar kita lebih dapat memahami tentang budaya kita sendiri.

Bicara tentang kerajaan majapahit kita pasti akan membicarakan kerajaan singasari. karena walaupun kedua kerajaan ini berbeda tempat maupun nama, kalau kerajaan singasari berpusat di tumapel (sekarang singosari malang) sedangkan kerajaan majapahit berpusat di mojokerto, tetapi sesungguhnya dua kerajaan ini adalah satu dinasti yaitu keturunan ken arok atau trah rajasa. singasari mencapai masa kejayaannya pada masa pemerintahan kertanegara (raja terakhir yang merupakan keturunan ketiga dari ken arok) sekaligus keruntuhannya, dan kerajaan majapahit mencapai masa kejayaannya padamasa pemerintahan hayam wuruk (keturunan keenam dari kenarok) dengan patih gajahmada yang terkenal lewat sumpah hamukti palapa.

Mengenai kisah tentang hamukti palapa akan diulas pada postingan kitab negara kertagama kitab sejarah majapahit

Salah satu yang menjadi bukti sejarah kerajaan singasari dan majapahit adalah kitab pararaton atau sering disebut kitab para datu. Pararaton dimulai dengan pendahuluan singkat mengenai bagaimana Ken Arok mempersiapkan inkarnasi dirinya sehingga ia bisa menjadi seorang raja. Diceritakan bahwa Ken Arok menjadikan dirinya kurban persembahan (bahasa Sanskerta: yadnya) bagi Yamadipati, dewa penjaga pintu neraka, untuk mendapatkan keselamatan atas kematian. Sebagai balasannya, Ken Arok mendapat karunia dilahirkan kembali sebagai raja Singhasari, dan di saat kematiannya akan masuk ke dalam surga Wisnu.

Janji tersebut kemudian terlaksana. Ken Arok dilahirkan oleh Brahma melalui seorang wanita dusun yang baru menikah. Ibunya meletakkannya di atas sebuah kuburan ketika baru saja melahirkan dan tubuh Ken Arok yang memancarkan sinar menarik perhatian Ki Lembong, seorang pencuri yang kebetulan lewat. Ki Lembong mengambilnya sebagai anak dan membesarkannya, serta mengajarkannya seluruh keahliannya. Ken Arok kemudian terlibat dalam perjudian, perampokan dan pemerkosaan. Dalam naskah disebutkan bahwa Ken Arok berulang kali diselamatkan dari kesulitan melalui campur tangan dewata. Disebutkan suatu kejadian di Gunung Kryar Lejar, dimana para dewa turun berkumpul dan Batara Guru menyatakan bahwa Ken Arok adalah putranya, dan telah ditetapkan akan membawa kestabilan dan kekuasaan di Jawa.

Pendahuluan Pararaton kemudian dilanjutkan dengan cerita mengenai pertemuan Ken Arok dengan Lohgawe, seorang Brahmana yang datang dari India untuk memastikan agar perintah Batara Guru dapat terlaksana. Lohgawe kemudian menyarankan agar Ken Arok menemui Tunggul Ametung, yaitu penguasa Tumapel. Setelah mengabdi berberapa waktu, Ken Arok membunuh Tunggul Ametung untuk mendapatkan istrinya, yaitu Ken Dedes sekaligus tahta atas kerajaan Singhasari

Beberapa bagian Pararaton tidak dapat dianggap merupakan fakta sejarah. Terutama pada bagian awal, antara fakta dan fiksi serta khayalan dan kenyataan saling berbaur. Beberapa pakar misalnya C.C. Berg berpendapat bahwa teks – teks tersebut secara keseluruhan supranatural dan ahistoris, serta dibuat bukan dengan tujuan untuk merekam masa lalu melainkan untuk menentukan kejadian – kejadian di masa depan. Meskipun demikian sebagian besar pakar dapat menerima pada tingkat tertentu kesejarahan dari Pararaton, dengan memperhatikan kesamaan yang terdapat pada inskripsi – inskripsi lain serta sumber dari China, serta menerima lingkup referensi naskah tersebut dimana suatu interpretasi yang valid dapat ditemukan.

Haruslah dicatat bahwa naskah tersebut ditulis dalam pemahaman kerajaan masyarakat Jawa. Bagi masyarakat Jawa, merupakan fungsi seorang raja untuk menghubungkan masa kini dengan masa lalu dan masa depan dan menetapkan kehidupan manusia pada tempatnya yang tepat dalam tata aturan kosmis. Raja melambangkan lingkup kekuasaan Jawa, pengejawantahan suci dari negara secara keseluruhan. sebagaimana istananya yang dianggap mikrokosmos dari keadaan makrokosmos. Seorang raja (dan pendiri suatu dinasti dianggap memiliki derajat kedewaan, dimana kedudukannya jauh lebih tinggi daripada orang biasa.

Bagi sobat yang berminat membaca kitab pararaton secara keseluruhan dapat mendownload filenya dibawah ini:

download kitab pararaton

bahan renungan : indonesia adalah bangsa yang besar, yang kaya sejarah adiluhung, terlepas  dari sejarah dikitab pararaton itu fakta maupun fiktif, tetapi bagiku tidak akan mengurangi rasa sebagai generasi penerus bangsa untuk berkarya agar dapat berguna bagi keluarga agama bangsa dan negara INDONESIA tercinta ini

Demikian artikel tentang Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit dari wongcungkup, semoga bermanfaat.
salam,

sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Pararaton

BURSA MEMBER

Kategori:ebookTag

Written by: Yanto Cungkup

Title: Sejarah Kerajaan Singasari Dan Majapahit
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.
449 Artikel
46 Comments
  1. komentar
    • komentar
    • komentar
    • komentar
  2. komentar
  3. komentar
  4. komentar
    • komentar
  5. komentar
    • komentar
  6. komentar
    • komentar
  7. komentar
  8. komentar
    • komentar
  9. komentar
  10. komentar
    • komentar
  11. komentar
    • komentar
  12. komentar
  13. komentar
    • komentar
  14. komentar
    • komentar
  15. komentar
  16. komentar
    • komentar
  17. komentar
    • komentar
  18. komentar
    • komentar
  19. komentar
    • komentar
  20. komentar
    • komentar
  21. komentar
    • komentar
  22. komentar
    • komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *