Makalah Sejarah Pendidikan Islam Pada Masa Penjajahan Jepang

3754 Views

Makalah Sejarah Pendidikan Islam Pada Masa Penjajahan Jepang. kali ini wongcungkup akan berbagi tentang makalah berjudul Sejarah Pendidikan Islam Pada Masa Penjajahan Jepang, sebagai bahan tugas.

langsung ke tkp…..
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Jepang muncul sebagai negara kuat di Asia. Bangsa Jepang bercita – cita besar, menjadi pemimpin Asia Timur Raya. Hal ini sudah direncanakan Jepang sejak tahun 1940 untuk mendirikan kemakmuran bersama Asia Raya. Menurut rencana tersebut Jepang menginginkan menjadi pusat suatu lingkungan yang berpengaruh atas daerah-daerah Mansyuria, daratan Cina, kepulauan Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Indo Cina dan Rusia.
Perkembangan ekonomi dan industri Jepang memberi gambaran bahwa tampaknya perluasan daerah itu mutlak diperlukan. Oleh karena itu rencana kemakmuran bersama Asia Raya dianggap sebagai suatu keharusan, dan oleh kalangan militer diterima dan disambut dengan hangat karena menjanjikan adanya prestise kepahlawanan dan dedikasi.
Dengan demikian maka kejayaan dan masa keemasan kaum penjajah Belanda hilang lenyap sekaligus, ketika pada tanggal 8 Maret 1942 mereka bertekuk lutut tanpa syarat kepada Jepang. Dengan semboyan Asia untuk bangsa Asia, Jepang mulai menguasai Indonesia. Yang merupakan sasaran yang perlu dibina dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan perang Jepang. Karena tanah air Indonesia merupakan sumber bahan-bahan mentah dan tenaga manusia yang kaya, yang besar artinya bagi kelangsungan perang Pasifik, dan hal ini sesuai pula dengan cita-cita politik ekspansinya. Selanjutnya Indonesia memasuki alam baru di bawah pemerintahan Jepang.
Sikap penjajah jepang terhadap pendidikan islam di Indonesia lebih lebih lunak sehingga ruang gerak pendidikan islam lebih bebas dari pada waktu penjajahan kolonial belanda. Terlebih lebih pada masa permulaan, pemerintah jepang menampakan diri seakan akan membela kepentingan islam. Untuk mendekati umat islam, mereka menempuh beberapa kebijakan
Mengenai pendidikan zaman jepang disebut Hakko Ichiu, yakni mengajak bangsa Indonesia bekerjasama dalam rangka mencapai kemakmuran bersama Asia Raya. Oleh karena itu pelajar setiap hari terutama pada pagi hari harus mengucapkan sumpah setia kepada kaisar Jepang, lalu dilatih kemiliteran. Sistem persekolahan di zaman pendudukan Jepang banyak perbedaannya dibandingkan dengan penjajahan Belanda. (Hasbullah, 2001: 62)
Sekolah-sekolah yang ada pada zaman Belanda diganti dengan sistem Jepang. Segala daya upaya ditujukan untuk kepentingan perang. Murid-murid hanya mendapat pengetahuan yang sedikit sekali, hampir sepanjang hari hanya diisi dengan kegiatan latihan atau bekerja.
B. Rumusan masalah
1. Apa kebijakan penjajah jepang terhadap umat islam di Indonesia ?
2. Bagaimana respon umat islam terhadap kebijakan jepang?
3. Bagaimana pendidikan islam pada masa jepang ?

untuk membaca selengkapnya sobat download filenya disini

Demikian artikel dari wongcungkup tentang Makalah Sejarah Pendidikan Islam Pada Masa Penjajahan Jepang, semoga bermanfaat.
salam,

BURSA MEMBER

Kategori:makalahTag

Written by: Yanto Cungkup

Title: Makalah Sejarah Pendidikan Islam Pada Masa Penjajahan Jepang
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.
449 Artikel

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *