Makalah Metodologi Pembelajaran Dalam Alquran

2763 Views

Makalah Metodologi Pembelajaran Dalam Alquran. setelah sebelumnya wongcungkup telah berbagi makalah islam indonesia dalam imperialisme dan peradaban barat maka kali ini akan berbagi lagi makalah tentang AYAT – AYAT ALQUR’AN TENTANG METODOLOGI PEMBELAJARAN.

ok langsung ke pokok pembahasan sob!!!

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pendidikan adalah merupakan usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan pengajaran. Ada dua buah konsep kependidikan yang berkaitan dengan lainnya, yaitu belajar ( learning ) dan pembelajaran ( intruction ). Konsep belajar berakar pada pihak peserta didik dan konsep pembelajaran berakar pada pihak pendidik.

Mengajar merupakan istilah kunci yang hampir tak pernah luput dari pembahasan mengenai pendidikan karena keeratan hubungan antara keduanya.

Metodologi mengajar dalam dunia pendidikan perlu dimiliki oleh pendidik, karena keberhasilan Proses Belajar Mengajar (PBM) bergantung pada cara/mengajar gurunya. Jika cara mengajar gurunya enak menurut siswa, maka siswa akan tekun, rajin, antusias menerima pelajaran yang diberikan, sehingga diharapkan akan terjadi perubahan dan tingkah laku pada siswa baik tutur katanya, sopan santunnya, motorik dan gaya hidupnya.

Tujuan pembelajaran yang diinginkan tentu yang optimal, untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pendidik, salah satu diantaranya adalah metodologi pengajaran.

Metodologi pengajaran banyak ragamnya, sebagai pendidik tentu harus memiliki metode mengajar yang beraneka ragam, agar dalam proses belajar mengajar tersebut tidak menggunakan hanya pada satu metode saja, tetapi harus bervariasi, yaitu disesuaikan dengan tipe belajar siswa dan kondisi serta situasi yang ada pada saat itu, sehingga tujuan pengajaran yang telah dirumuskan sendiri oleh pendidik dapat tercapai.

Pengajar tidak hanya memberikan pengetahuan dan pemahaman pada yang diajar, namun lebih diarahkan pada pembentukan sikap, perilaku dan kepribadiannya. Mengingat perkembangan komunikasi informasi dan kehadiran media cetak maupun elektronik tidak selalu membawa pengaruh positif bagi masyarakat.

Tugas pengajar dalam konteks ini membantu mengkondisikan masyarakat pada sikap, perilaku, atau kepribadian yang benar, agar mampu menjadi agent of modernization bagi dirinya sendiri, lingkungan, masyarakat dan siapa saja yang dijumpai.

Al Qur’an merupakan sumber utama ajaran Islam dan pedoman hidup bagi setiap muslim. Al Qur’an bukan sekedar memuat petunjuk tentang hubungan manusia dengan Tuhan, tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan sesamanya (hablum min Allah wa hablum min an-nas), serta manusia dengan alam sekitarnya.

Untuk memahami ajaran Islam secara sempurna (kuffah), diperlukan pemahaman terhadap kandungan al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari secara sungguh-sungguh dan konsisten.

Adapun ayat-ayat tentang metode pengajaran yang akan dibahas dalam makalah ini, sebagai berikut :
1. Surat AL ARAF ayat :176
2. Surat IBRAHIM ayat :24-25
3. Surat AL NAHL ayat : 125
4. Surat AL AHZAB ayat : 2

B. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang kemudian akan dibahas pada makalah ini adalah , sebagai berikut :
1. Apa makna yang terkandung dalam Surat Al-a’raf ayat 176
2. Apa makna yang terkandung dalam surat Ibrahim ayat 24-25
3. Apa makna yang terkandung dalam surat An-Nahl ayat 125
4. Apa makna yang terkandung dalam surat Al-Ahzab ayat 2

BAB II
PEMBAHASAN

Untuk membaca artikel selengkapnya silahkan sobat download file pdf berikut ini:

DOWNLOAD MAKALAH METODOLOGI PEMBELAJARAN DALAM ALQURAN

Demikian artikel dari wongcungkup tentang Makalah Metodologi Pembelajaran Dalam Alquran, semoga bermanfaat.
salam,

BURSA MEMBER

Kategori:makalahTag

Written by: Yanto Cungkup

Title: Makalah Metodologi Pembelajaran Dalam Alquran
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.
449 Artikel
One Comment
  1. komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *