Makalah Islam Indonesia Dalam Imperialisme dan Peradaban Barat

2302 Views

Makalah Islam Indonesia Dalam Imperialisme dan Peradaban Barat. Perang Salib merupakan titik awal imperialisme Barat terhadap dunia Islam yang selanjutnya membawa kaum muslimin berada dalam jajahan negara-negara Barat. Sejak semula para imperalis ingin merongrong integrasi masyarakat muslim – termasuk di dalamnya masyarakat Islam Indonesia – memotong jalinan kesejarahan, dan mengubahnya menjadi masyarakat pengekor kebudayaan Barat.

Menurut Anwar Ibrahim (mantan Deputi Perdana Menteri Malasyia), sejak abad ke-19, bangsa-bangsa Asia terlalu kagum terhadap kekayaan dan kekuasaan barat. Di bawah belenggu kolonialisme. Bangsa Asia tidak memiliki pilihan lain kecuali membandingkan diri dengan tuan-tuan kolonial, dan bukan dengan para tetangga mereka. Bahkan setelah merdeka, mereka tak mampu mengusir hantu superioritas tuan-tuan kolonial mereka dulu. Karena itu, seluruh tenaga dan upaya mereka tertuju ke arah pencarian suatu kesamaan dengan barat, yang didorong oleh perasaan rendah diri (inferioritas) yang amat kuat mengakar, dan oleh kebutuhan untuk memulihkan harga diri mereka.

Terjadinya penetrasi imperialisme dan peradaban Barat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Disatu sisi kekuatan militer dan politik negara – negara muslim menurun, perekonomian mereka merosot sebagai akibat monopoli perdagangan antara timur dan barat tidak lagi ditangan mereka. Disamping itu pengetahuan di dunia muslim dalam kondisi stagnasi. Maka wajar, untuk selanjutnya banyak negara-negara Islam yang menjadi tujuan dari penjajahan kolonial negara-negara barat.

Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah pada tulisan makalah ini adalah :

  • kondisi sosial dan politik umat islam
  • Bagaimana upaya umat Islam Indonesia dalam menghadapi imperialisme dan peradaban barat barat
  • tokoh/organisasi yang berperan dalam imperialisme dan peradaban bangsa barat

BAB II
PEMBAHASAN

A.kondisi sosial dan politik umat islam

Periode modern dalam sejarah Islam bermula dari tahun 1800 M dan berlangsung sampai sekarang. Di awal periode ini kondisi Dunia Islam secara politis berada di bawah penetrasi kolonialisme. Baru pada pertengahan abad ke-20 M Dunia Islam bangkit memerdekakan negerinya dari penjajahan Barat. Periode ini memang merupakan zaman kebangkitan kembali Islam, setelah mengalami kemunduran di periode pertengahan. Pada periode ini mulai bermunculan pemikiran pembaharuan dalam Islam.

Gerakan pembaharuan ini muncul karena dua hal :

Timbulnya kesadaran dikalangan ulama bahwa banyak ajaran-ajaran “asing” yang masuk dan diterima sebagai ajaran Islam. Ajaran-ajaran ini bertentangan dengan semangat ajaran Islam yang sebenarnya, seperti bid’ah, khurafat dan tahyul. Oleh karena itu mereka bangkit untuk membersihkan Islam dari ajaran atau paham seperti itu. Gerakan ini dikenal sebagai gerakan reformasi

Pada periode ini Barat mendominasi Dunia di bidang politik dan peradaban. Persentuhan dengan Barat menyadarkan tokoh-tokoh Islam akan ketinggalan mereka. Karena itu, mereka berusaha bangkit dengan mencontoh Barat dalam masalah masalah politik dan peradaban untuk menciptakan balance of power ( Yatim, 2003 : 173 – 174 )

untuk membaca selengkapnya dapat sobat download filenya dibawah ini:

link download

Demikian artikel dari wongcungkup tentang Makalah Islam Indonesia Dalam Imperialisme dan Peradaban Barat, semoga bermanfaat.

salam,

BURSA MEMBER

Kategori:makalahTag

Written by: Yanto Cungkup

Title: Makalah Islam Indonesia Dalam Imperialisme dan Peradaban Barat
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.
449 Artikel

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *