Makalah Hadist TarbawiKewajiban Menuntut Ilmu Dalam Islam

5112 Views

Makalah Hadist TarbawiKewajiban Menuntut Ilmu Dalam Islam. Hallo sob jumpa lagi dengan wongcungkup. kali ini admin akan membagikan makalah lagi untuk melankutkan makalah pada postingan beberapa waktu yang lalu tentang makalah Sejarah Pendidikan Islam Pada Masa Penjajahan Jepang.

langsung ke tekapeh sob!!!

KATA PENGANTAR

Segala puji hanya di hadiahkan untuk Allah SWT . Karena berkat rahnmat dan hidayah Nya ,kami dapat menyelesaikan Makalah hadist Tarbawi ini dengan baik .Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan alam yakninya Nabi besar Muhammad SAW,dengan mengucapkan “ Allahumma shali’ala Muhammad Wa’ala alihi Muhammad “, yang mana berakat ketekunan dan keuletan beliau yang telah membawa kita dari alam kebodohan sampai kea lam yang terang benderang seperti yang kita rasakan saat sekarang ini .

Penulis merasa perlu mengangkat judul makalah “ Kewajiban menuntut ilmu“ dikarenakan masih banyaknya umat islam yang mengganggap remeh mengenai ilmu. Padahal ilmu itu sangatlah penting bagi kesejahteraan umat manusia .Untuk itu dengan mengahadirkan makalah ini ,semoga orang – orang yang mengaggagap remeh ilmu tersebut paham akan pentingnya sebuah ilmu .

Kritik dan saran yang membangun dari para pembaca ,sangat diharapkan oleh penulis untuk kesempurnaan makalah ini.

Blitar, September 2013

Penulis

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Islam diturunkan sebagai rahmatan lil ‘alamin. Untuk itu, maka diutuslah Rasulullah SAW untuk memperbaiki manusia melalui pendidikan. Pendidikanlah yang mengantarkan manusia pada derajat yang tinggi, yaitu orang-orang yang berilmu. Ilmu yang dipandu dengan keimanan inilah yang mampu melanjutkan warisan berharga berupa ketaqwaan kepada Allah SWT.

Dengan pendidikan yang baik, tentu akhlak manusia pun juga akan lebih baik. Tapi kenyataan dalam hidup ini, banyak orang yang menggunakan akal dan kepintaraannya untuk maksiat. Banyak orang yang pintar dan berpendidikan justru akhlaknya lebih buruk dibanding dengan orang yang tak pernah sekolah. Hal itu terjadi karena ketidakseimbangannya ilmu dunia dan akhirat.

Ilmu pengetahuan dunia rasanya kurang kalau belum dilengkapi dengan ilmu agama atau akhirat. Orang yang berpengetahuan luas tapi tidak tersentuh ilmu agama sama sekali, maka dia akan sangat mudah terkena bujuk rayu syaitan untuk merusak bumi, bahkan merusak sesama manusia dengan berbagai tindak kejahatan. Disinilah alasan mengapa ilmu agama sangat penting dan hendaknya diajarkan sejak kecil. Kalau bisa, ilmu agama ini lebih dulu diajarkan kepada anak sebelum anak tersebut menerima ilmu dunia.Kebodohan adalah salah satu faktor yang menghalangi masuknya cahaya Islam.

B .Tujuan

1. Mengetahui hadis –hadis tentang kewajiban menuntut ilmu
2. Mengetahui hukum dari menuntut ilmu
3. Memberikan penjelasan tentang pentingnya menuntut ilmu

C. Kesimpulan

BAB II
PEMBAHASAN

……………….untuk membaca artikel selengkapnya silahkan sobat download filenya dibawah ini:

download makalah Hadist tarbawi:Kewajiban menuntut ilmu dalam islam

Demikian artikel tentang Makalah Hadist TarbawiKewajiban Menuntut Ilmu Dalam Islam dari wongcungkup, sobat juga bisa membaca alkohol dalam prespektif hukum islam, semoga bermanfaat.
salam,

BURSA MEMBER

Kategori:makalahTag

Written by: Yanto Cungkup

Title: Makalah Hadist TarbawiKewajiban Menuntut Ilmu Dalam Islam
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.
449 Artikel
3 Comments
  1. komentar
  2. komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *