10 Trik Menulis Surat Resmi

2244 Views

10 Trik Menulis Surat Resmi Yang Baik dan Benarmet siang sob, apa kabar semuanya??? kali ini wongcungkup mau menyapa sobat semuanya dalam kategori artikel surat menyurat. setelah cukup lama kategori ini tidak di update, karena terlalu fokus dengan postingan dengan kategori seputar lagu rock balada.

Maka dari itu wongcungkup akan berbagi tahapan didalam membuat surat resmi untuk melengkapi artikel dalam kategori surat-menyurat seperti yang telah diposting sebelumnya yaitu contoh surat lamaran kerja, agar setiap kita menulis surat resmi mempunyai pakem dan meminimalkan kesalahan cara penulisan.

Menulis surat itu bisa dibilang gampang – gampang susah apalagi yang surat resmi, karena keliru sedikit aja akibatnya akan fatal karena menyangkut nama organisasi / instansi terkait tempat sobat bekerja. penulisan surat resmi tidak harus panjang layaknya surat cinta tetapi yang diperlukan adalah ringkas dan isinya jelas dan penggunakan susunan kata yang benar. agar lebih jelas mari kita sama-sama membaca tutorial yang akan disajikan ini.

10 Trik Menulis Surat Resmi diantaranya :

1.Kepala surat (kop surat)
Didalam penulisan Surat resmi hendaklah menggunakan kepala surat, namanya kepala ya yang pasti tempatnya paling atas yang berisi Nama instansi / lembaga/perusahaan / organisasi, alamat instansi terkait, logo instansi (dari pengirim surat)

2.Alamat penerima
Surat resmi hendaklah menyatakan alamat lengkap penerima surat. entah itu instansi / lembaga / perusahaan / organisasi penerima.

3.Nomer arsip
hal yang juga harus diperhatikan didalam penulisan Surat resmi adalah memberi nomer arsip dan nomer urutan surat. tempatnya berada dibawah kepala surat

4.tanggal
setiap pembuatan surat resmi mesti menyertakan tanggal pembuatan surat

5.perihal
perihal adalah pemberitahuan tentang isi surat

6.lampiran
selain perihal didalam penulisan surat resmi perlu terdapat lampiran untuk memperkuat isi surat

7.tembusan
bila diperlukan dalam surat resmi perlu ditambahkan tembusan berupa penyertaan / pemberitahuan ke instansi terkait.

8.tanda tangan
dalam penulisan surat resmi harus menyertakan tanda tangan sebagai penanggung jawab atas pengiriman surat disertai nama terang dan jabatan. apabila pihak yang menandatangani mewakili pihak atasan yang mengeluarkan surat resmi tersebut, maka perlu ditambahkan a.n (atas nama) disertai nama terang dan jabatan yang bertanda tangan.

9.stempel
setiap surat resmi harus menyertakan stempel dan mesti terkena tanda tangan untuk menghindari pemalsuan surat.

10.bahasa
hal yang harus diperhatikan dalam penulisan surat resmi adalah penggunaan bahasa. maka gunakan bahasa yang baku.

Demikian artikel dari wongcungkup tentang 10 Trik Menulis Surat Resmi, semoga bermanfaat, dan jangan lupa bantu penulis membagikan artikel ini kemedia social seperti facebook, twitter maupun G+ agar semakin banyak teman yang mengetahui trik ini.

salam,

BURSA MEMBER

Kategori:surat menyuratTag

Written by: Yanto Cungkup

Title: 10 Trik Menulis Surat Resmi
saya hanya manusia biasa yang berusaha berguna bagi sesama dan terbuka untuk menjalin persahabatan dengan siapa saja.
449 Artikel
16 Comments
  1. komentar
  2. komentar
    • komentar
  3. komentar
    • komentar
  4. komentar
    • komentar
  5. komentar
    • komentar
  6. komentar
    • komentar
  7. komentar
    • komentar
  8. komentar
    • komentar

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *